Jumat, 28 Oktober 2011

Makalah Bahasa Indonesia


PENDAHULIAN

A.     Pendahuluan
      Media pada hakekatnya merupakan salah satu komponen sistim pembelajaran. Sebagai komponen media hendaknya merupakan bagian integral dan harus sesuai dengan proses pembelajaran secara menyeluruh. Ujung akhir dari pemilihan media adalah penggunaan media tersebut dalam kegiatan pembelajaran sehingga memungkinkan siswa dapat berintegrasi dengan media yang kita pilih. Jika dikaitkan dengan laju perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi modern yang menyebabkan Negara banyak berkembang memilih media jadi baik secara utuh maupun diadaptasikan dengan keadaan setempat. Untuk lebih jelasnya pemakalah akan menjelaskan media jadi dan media rancang.

B.     Pembahasan
      Media merupakan perangkat lunak yang berisikan pesan (atau informasi) pendidikan yanmg lazimnya disajikan dengan menggunakan peralatan. Dikatakan lazimnya karena ada beberapa jenis media yang bersifat swasaji, seperti halnya gambar dan objek yang berupa benda-benda maupun benda-benda tiruan.
Ditinjau dari kesiapan pengadaannya media dikelompokan dalam dua jenis yaitu:
1.       Media Jadi
      Media jadi adalah karena sudah merupakan komoditi perdagagan dan terdapat dipasaran luas dalam keadaan siap pakai (media by utilazation)
      Media ini mempunyai kelebihan dan keterbatasannya
      Kelebihan media jadi:
a.        Hemat dalam waktu
b.       Hemat tenaga
c.        Hemat biaya untuk pengadannya
            Adapun kekurangan dari media jadi adalah kecilnya kemungkinan untuk mendapatkan media jadi yang dapat sepenuhnya sesuai dengan tujuan atau kebutuhan pembelajaran setempat.

























1.      FUNGSI BAHASA
Fungsi bahasa adalah: sebagai alat untuk bekerja sama atau berkomunikasi di dalam kehidupan manusia bermasyarakat.
Untuk berkomunikasi dapat juga di gunakan cara lain, misalnya isyarat, lambing-lambang gambar atau kode-kode tertentu lainya. Tetapi dengan bahasa komunikasi dapat berlangsung lebih baik dan lebih sempurna.
Bahasa Indonesia sendiri, mempunyai kedudukan sebagai bahasa nasional dan bahasa resmi Negara di tengah-tengah berbagai macam bahasa derah,mempunyai fungsi sebagai berikut:
a.      Alat untuk menjalankan administrasi Negara. Ini berarti, segala kegiatan administrasi kenegaraan seperti surat-menyutar dinas, rapat-rapat dinas pendidikan dan sebagainya harus diselenggarakan dalam bahasa Indonesia.
b.      Alat pemersatu berbagai suku bangsa di Indonesia. Komunikasi di antara anggota suku bangsa yang berbada kurang mungkin dilakukan dalam salah satu bahasa daerah dari anggota suku bangsa itu.komunikasi lebih mungkin dilakukan dalam bahasa Indonesia. Karena komunikasi antar suku ini dilakukan dalam bahasa Indonesia, maka akan terciptalah perasaan “satu bangsa” di antara anggota suku-suku bangsa itu.
c.       Media untuk manampung kebudayaan nasional. Kebudayaan daerah dapat ditampung dengan media bahasa daerah; tetapi kebudayaa nasional Indonesia dapat dan harus ditampung dengan media bahasa Indonesia.
Secara umum bahasa memiliki fungsi personal dan sosial
1.      fungsi personal mengacu kepada peranan bahasa sebagai alat untuk mengungkapkan pikiran dan perasaan setiap diri manusia sebagai makhluk individu.
2.      fungsi sosial mengacu pada peranan bahasa sebagai alat komunikasi dan berinteraksi antar indifidu atau antar kelompok social.

Hilliday 1975, dalam Tompkins dan Hoskisson, 1995 secara khususu mengindentifikasikan fingsi-fingsi bahasa sebagai berikut:
1.      fungsi personal, yaitu penggunaan bahasa untuk menggungkapkan pendapat,pikiran sikap atau perasaan pemakainya.
2.      fungsi regmator, yaitu penggunaan bahasa untuk mempengaruhi sikap/ pikiran atau pendapat orang lain.
Contohnya: bujukan, rayuan, permohonan atau permintaan.
3.       fungsi Interaksional, yaitu penggunaan bahasa untuk menjalin kontak dan menjaga hubungan social.
Contohnya: Sapaan Basa basi simpati atau penghiburan.
4.       fungsi Imformatif, yaitu penggunaan bahasa untuk menyampaikan Informasi, ilmu pengetahuan atau budaya.
5.      fungsi Hanristik, yaitu penggunaan bahasa untuk belajar atau memperoleh informasi. Seperti pelayanan atau permintaan penjelasan atas sesuatu hal.
6.      fungsi Imajinatif, yaitu penggunaan bahasa untuk memenuhi dan mengeluarkan estetis (indah) seperti: nyanyian dan karya sastra.
7.      fungsi Instrumental, yaitu penggunaan bahasa untuk mengungkapkan keinginan atau kebutuhan pemakainya. Seperti saya ingin. 
2.      RAGAM BAHASA
Setiap bahasa sebenarnya mempunyai ketetapan atau kesaman dalam hal tata bunyi, tata bentuk, tata kata, tata kalimat, dan tata makna. Tetapi karena berbagai faktor yang terdapat di dalam masyarakat pemakai bahasa  


3.      CIRI-CIRI BAHASA BAKU
Yang dimaksud dengan bahasa baku adalah: salah satu ragam bahasa yang dijadikan pokok, yang dijadikan dasar ukuran atau yang dijadikan standar.
Ragam bahasa baku ini lazim digunakan dalam:
a.       Komunikasi resmi, yakni, dalam surat-menyurat resmi,surat









                                






  1. Trofosfer
Ketinggian Troposfer: 0-15 Km
Suhu lapisan troposfir: 17- -52 derajat celcius
Kurang lebih 80 % gas atmosfer berada pada bagian ini
Trofosfer/Troposfir merupakan lapisan terendah, kombinasi gasnya sangant cocok untuk kehidupan. Lapisan ini adalah lapisan paling tipis dan sangat aman dari pancaran radiasi. Dengan ketinggian 0 Km-16 Km diatas permukaan laut, pada lapisan ini segala macam bentuk cuaca, Suhu, kelembaban, tekanan dan agin yang kita rasakan berlangsung.
            Ketinggian yang paling rendah adalah bagian yang paling hangat dari troposfer, karena permukaan bumi menyerap radiasi panas dari mataharidan menyalurkan panasnya ke dura. Biasanya, jika ketinggian bertambah, suhu udara akan berkurang secara lunak (steady) dari sekitar  17C sampao -52C. pada permukaan bumi yang tertent, seperti daerah pengunungan dan dataran tinggi  dapat menyebabkan anomaly terhadap gradient suhu  tersebut.
  1. Stratosfer
Startosfer/Startosfir ketinggianya: 15- 40 Km
Suhu lapisan stratosfer: -57 derajat celcius pada lapisan inilah lapisna ozon yang memblokir atau Manahan sinar ultraviolet.
Diantara stratosfer dan troposfer terdapat lapisan yang disebut lapisan Tropopouse. Terletak pada ketinggian 16 Km – 48 Km di atas permukaan laut. Pada lapisan ini angina yang sangat kencang terjadi dengan pola aliran yang tertentu. Awan tinggi jenis cirrus kadang-kadang terjadi di lapisan paling bawah, namun tidak ada pola cuaca yang singnifikan yang terjadi pada lapisan ini.
Dari bagian tengah stratosfer keats, pola suhunya berubah menjadi semakin bertambah semakin naik, kerena bertambahnya lapisan dengan konsentrasi ozon yang bertambah. Lapisan ozon ini menyerap radiasi sinar ultra ungu. Suhu pada lapisan ini bisa mencapai sekitar 18C pada ketinggian sekitar 40 Km. lapisan stratopause memisahkan stratosfer dengan lapisan berikutnya. 
  1.  Ionosfer
Ketebalan Ionosfer/Ionosfir: 50-100Km
Ionosfer adalah lapisan yang bersifat memantulkan gelombang radio. Karena ada penyerapan radiasi dan sinar ultraviolet maka menyebabkan timbul lapisan bermuatan listrik yag suhunya menjadi tinggi. 


        










Matahari mempunyai tiga lapisan yaitu:
1.      Fotosfer(Lapisan cahaya)
Fotosfer merupakan permukaan matahari yang tebalnya kurang labih 350km. lapisan inilah yang memancarkan cahaya sangat kuat. Oleh karena itu fotosfer juga disebut lapisa cahaya. Suhu di fotosfer diperkirakan rata-rata 6000oC. Pada suhu tersebut suatu benda memancarkan cahaya berwarna kuning, hal ini sesuai dengan cahaya matahari yang berwarna kekuning-kuningan.
Fotosfer adalah permukaan matahari yang bisa kita lihat dari bumi. Memiliki temperatur antara 4000K- 6400K. banyak fenomena yang terjadi di fotosfer seperti sunspot,prominensa dan flare.
Matahari memiliki medan magnet yang tidak merata disetiap bagiannya.berbeda dengan bumi yang padat sehingga medan magnetnya konstan.meski matahari tetap memiliki kutub utara dan selatan, namun akibat rotasi serta medan magnet yang ada dimana-mana dan tidak stabil, mengakibatkan terjadinya sunspot. Bila terdapat sunspot, berarti medan magnet matahari yang masuk atau keluar dengan membawa plasma. Karena terbentuknya di beberapa tempat, mengakibatkan terjadinya tabrakan dan jadilah prominensa. Saat prominensa ini putus atau saling bertabrakan lagi, akan terbentuk flare. Jadi fungsi fotosfer adalah memancarkan cahaya yang sangat kuat.  

2.      Kromosfer
Kromosfer merupakan lapisan gas di atas fotosfer yang tebalnya sekitar 16.000km. oleh karena itu, kromosfer sering disebut lapisan atmosfer matahari. Dilapisan bawah (dekat fotosfer0.suhu kromosfer di perkirakan sekitar 4000C . makin keatas suhu kromosfer makin tinggi, pada lapisan paling atas suhu kromosfer diperkirakan mencapai 10.000C Kromosfer hanya hanya dapat dilihat pada saat terjadi gerhana matahari total. Pada saat itu kromosfer tampak seperti gelang atau cincin yang berwarna merah. Peranan kromosfer adalah lapisan gas yang terlatak di atas fotosfer.

3.      Korona
Korona merupakan lapisan matahari yang paling luar lapisan ini juga sering disebut lapisan atmosfer matahari bagian luar . korona juga merupakan lapisan gas yang sangat tipis gas tersebut sering tampak seperti mahkota putih cemerlang yang mengelilingi matahari.oleh karena itu, lapisan gas tersebut disebut korona artinya mahkota. Karena merupakan lapisan gas tipis. Bentuk korona selalu berubah-ubah. Tebal korona diperkirakan mencapai 2,5 Juta km. suhunya mencapai 1 JutaC korona dapat diamati setiap saat dengan teleskop. Teleskop yang digunakan untuk mengamati korona disebut Koronagraf..


  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar